Popularitas desain bangunan industrial yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini. Banyak sekali rumah maupun kafe yang menggunakan jenis lantai semen untuk menarik minat pelanggan karena terlihat cantik dan mudah diaplikasikan menggunakan beton instan. Namun tentu saja kita mesti ekstra hati-hati dalam merawatnya, karena semen ekspos membutuhkan bahan yang memang memiliki kualitas untuk mendapatkan hasil terbaik.

Maka dari itu, terdapat beberapa tips perawatan untuk membuat lantai dengan model semen ekspos lebih awet dan tahan lama. Yuk simak beberapa rangkumannya di bawah ini.

1. Rutin melakukan pengawasan dan pembersihan

Yang pertama harus rutin dilakukan adalah pengawasan dan membersihkan lantai semen ekspos. Hal ini karena lantai semen ekspos lebih cepat kotor dan kotoran yang dibiarkan terlalu lama justru tidak akan mudah hilang jika dibersihkan. Menggunakan cairan yang terlalu keras juga beresiko merusak lapisan lantai semen ekspos dan membuat keretakan pada lantainya.

2. Gunakan air hangat

Menggunakan air hangat untuk membersihkan lantai semen ekspos memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah mempercepat hilangnya noda pada lantai jika dipadukan dengan pembersih lantai yang cocok untuk lantai jenis ini. Namun selalu pastikan kalian memakai pembersih lantai yang tepat ya, karena pembersih lantai yang kandungan kimianya terlalu keras justru bisa memberikan kerusakan pada lantai jenis ini. Kami sarankan kalian untuk memakai jenis pembersih dengan pH yang netral.

3. Poles secara berkala

Selalu sempatkan untuk memoles kembali lantai semen ekspos kalian ya. Kalian dapat menggunakan jenis wax yang berkualitas setiap 6 bulan sekali agar lantai tetap terlihat mengkilap. Jika kalian ragu, kalian juga dapat menggunakan jasa tukang yang berpengalaman dalam memoles lantai untuk membantu kalian.

4. Hindari produk pembersih berbahan keras

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hindari menggunakan pembersih berbahan terlalu keras. Selain membuat pudar warna mengkilap pada lantai semen ekspos, pemakaian pembersih lantai yang terlalu keras juga dapat mengikis lapisan lantai yang berpotensi membuat lapisan lantai jadi lebih rapuh.

5. Segera bersihkan noda yang tumpah

Jangan biarkan noda atau kotoran menempel terlalu lama pada lantai semen ekspos kalian. Segera bersihkan noda yang ada karena noda yang sudah terlalu lama menempel pada lantai semen ekspos biasanya cenderung lebih sulit dibersihkan, Jadi pastikan untuk selalu mengecek setiap sudut lantai semen ekspos kalian dari debu dan kotoran yang menempel.

Itu dia beberapa hal yang mesti kalian lakukan agar lantai semen ekspos jadi lebih awet dan tahan lama. Terlepas dari kerumitannya dalam merawat lantai jenis ini, lantai semen ekspos masih sering dipilih oleh para pecinta rumah karena memiliki beragam manfaat dan terlihat estetik untuk hunian modern di era sekarang.

By Lestari